Monday, July 8, 2013

pengertian pendidikan

By Unknown  |  4:15 AM No comments

sobat pembaca, kali ini saya akan mencoba untuk menguraikan sedikit tentang pengertian pendidikan langsung aja ke penjelasan tanpa banyak basa basi!!

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan oleh dirinya dan masyarakat.

para ahli mendefinisikan pendidikan sebagai berikut:

1.Langeveld

 Langeveld mengatakan bahwa pendidikan itu adalah setiap usaha, pengaruh, perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak tertuju kepada pendewasaan anak itu, atau lebih tepat membantu anak agar cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri. Pengaruh itu datangnya dari orang dewasa (atau yang diciptakan oleh orang dewasa seperti sekolah, buku, putaran hidup sehari-hari, dan sebagainya) dan ditujukan kepada orang yang belum dewasa.

2.  Menurut Ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional Indonesia)

 menjabarkan  pengertian pendidikan  adalah tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan.

3. John Dewey

 Pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional kearah alam dan sesama manusia.

4.  Menurut UU Nomor 2 Tahun 1989

 Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.


itulah tadi sedikit tentang pengertian pendidikan dan pendapat para ahli tentang pendidikan, semoga artikel ini bermanfaat terima kasih






Author: Unknown

Hello, I am Author, decode to know more: In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

E-mail Newsletter

Sign up now to receive breaking news and to hear what's new with us.

Recent Articles

© 2014 Blog Contekan. WP themonic converted by Bloggertheme9. Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger
TOP